Jumat, 27 September 2013

Sagon Wonosobo, Makanan Khas Yang Enak

sagon wonosobo

Sagon, salah satu makanan khas Wonosobo yang unik, terbuat dari tepung ketan dan parutan kelapa yang berbentuk bulat dan cekung di tengahnya. Pembuatannya pun di bakar di atas bara.

Di Wonosobo sagon ini banyak dijual di lantai dua pasar induk wonosobo, banyak penjual yang menempati hampir satu los dari lantai dua ini untuk menjual makanan yang satu ini. Dalam sehari rata-rata setiap penjual dapat menghabiskan 30-40 kg tepung ketan.

Makanan ini selain berbahan dasar tepung ketan dan parutan kelapa, juga biasanya ditambahkan gula dan vanili sebagai perasa tambahan. Selain harganya murah, sagon ini juga banyak diminati oleh banyak wisatawan karena rasanya yang manis dan gurih.

Bagi anda yang ingin menikmati makanan ini bisa langsung kunjungi pasar induk Wonosobo, disana anda dapat melihat langsung keunikan cara pengolahan makanan yang satu ini, sagon-sagon dibakar di atas bara arang, juga menjadi atraksi yang cukup menarik. Racikan Sagon mentah yang terdiri atas tepung ketan, parutan kelapa, gula pasir dan vanili itu ditempatkan dalam satu cetakan aluminium berbentuk bulat. Lalu, Sagon dalam cetakan itu dibakar dengan bara arang dari dua sisi : bawah dan atas. Tak sampai lima menit, Sagon panas beraroma harus itu sudah matang dan siap disantap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar