Jumat, 06 September 2013

PBNU Rapat Pleno

PBNU WONOSOBO


PBNU Kota Wonosobo menyelenggarakan rapat pleno yang dilakukan di Pondok Pe­santren Universitas Sains Al­quran (Unsiq), Kalibeber, Wo­no­sobo, pada 6-8 September.

Seperti dikutip dari suara merdeka cetak (6/9) Agenda rapat tidak hanya membahas permasalahan internal dan eksternal organisasi, acara itu juga menjadi forum ha­lal­bihalal karena masih di Sya­wal. ”Meskipun sta­tusnya pengurus PBNU, kami ini tidak setiap saat bisa bertemu. Sebab ada yang tinggal di luar kota. Mum­pung ini semua­nya akan bertemu, di sini kami akan saling ber­maaf­an,” kata Sekre­taris Jende­ral PBNU H Marsudi Syu­hud, Jumat (6/9).

Rapat pleno dibuka Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj. Sebagai rangkaian pembukaan dan halalbihalal akan di­lak­sanakan mujahadan ulama dan istighotsah akbar.

"Semua bahasan dalam Rapat Pleno ini bersifat eksternal dan internal, salah satu pembahasan eksternal ialah menyikapi kondisi perekonomian terkini di Indonesia yang sedang diambang krisis," kata Sekretaris Panitia Rapat Pleno PBNU 2013 Sulton Fatoni, Kamis (5/9/2013) malam.

Sulton menambahkan, Rapat Pleno akan dilaksanakan pada tanggal 6–8 September. Ini merupakan Rapat Pleno kedua di kepengurusan PBNU masa khidmad 2010 – 2015, yang pertama telah dilaksanakan tahun 2011 lalu di Yogyakarta.

Untuk materi bahasan yang bersifat internal, di antaranya adalah pemberdayaan ekonomi umat, penguatan dan penataan kelembagaan, pengembangan media dan teknologi informasi, penataan dan peningkatan kualitas pendidikan, penguatan jaringan kerja nasional dan internasional, pemberdayaan hukum dan penegakan keadilan, pemberdayaan politik warga, serta penataan asset Nahdlatul Ulama, dan kaderisasi. Namun untuk hasil Rapat Pleno nantinya masih bersifat rekomendasi.

“Seluruh hasil Rapat Pleno ini sifatnya rekomendasi. Yang internal diharapkan jadi dorongan perbaikan organisasi ke depannya, sementara yang eksternal adalah sumbangsih pemikiran dari NU untuk membantu mengatasi permasalahan bangsa Indonesia,” pungkas Sulton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar