Kamis, 26 September 2013

Opak Singkong

Opak singkong adalah salah satu jenis makanan khas Wonosobo, bagi sebagian orang jawa, singkong atau ketela pohon sudah tak jauh beda dengan nasi, karena banyak orang jawa yang menjadikan singkong sebagai alternatif makanan pokok selain nasi, tak heran jika kemudian singkong ini banyak diolah menjadi berbagai macam makanan yang lebih enak dan lebih menarik.


Di Kota Wonosobo, masyarakat mengubah singkong ini menjadi produk kerupuk yang khas, dan mereka biasa menyebutnya dengan opak singkong, dengan rasa yang gurih dan lezat, produk ini menyebar ke seluruh penjuru tanah air. Hampir di seluruh toko khas oleh-oleh hingga swalayan besar di Wonosobo pasti menyediakan makanan yang satu ini.


Menurut beberapa sumber, opak ini berasal dari Desa Kalibeber, sekarang sudah ada banyak industri rumah tangga yang memproduksi dengan sekala kecil hingga besar, cara pembuatannya juga cukup mudah, singkong dikukus, setelah itu ditumbuk hingga halus dan ditambahkan bumbu, lalu pipihkan sebelum dijemur, setelah kering, lalu digoreng.

Tertarik untuk menikmati makanan nikmat yang satu ini? silahkan datang saja ke Wonosobo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar