Selasa, 27 Agustus 2013

Daging Ayam Dicuci, Bakteri Menyebar


Health - Sebelum memasak ayam, biasanya anda pasti mencucinya terlebih dahulu, dengan dicuci anda beranggapan akan menghilangkan kotoran yang ada pada daging ayam tersebut, akan tetapi hal itu justru akan membuat bakterinya menyebar ke sekeliling dapur, dikutip dari tribunnews.com (28/8), sebuah penelitian yang dilakukan oleh jennifer Quinlan dari Drexel University, Philadelphia.

Quinlan mengungkapkan bahwa mencuci daging ayam mentah tidak akan menghilangkan bakteri maupun membunuhnya, proses ini justru akan memicu penyebaran bakteri ke udara atau yang biasa di kenal dengan aerolisasi. Penelitian ini juga didukung oleh Departemen Pertanian Amerika (USDA).

Dalam penelitian ini, Quilan menggambarkan dalam videonya bahwa percikan dari kran yang digunakan untuk mencuci ayam sebelum dimasak akan menyebar ke area sekitar, termasuk baju, percikan air ini mengandung bakteri seperti salmonella sp dan juga E. coli yang bisa membuat orang terserang diare.

Alternatif lain untuk membersihkan daging ayam yaitu bisa mengelap daging dengan cuka atau jeruk lemon. Hanya saja cara ini tidak direkomendasikan oleh USDA. Selain itu, Quilan juga menyarankan membeli daging ayam yang sudah  di-fillet dan dibungkus kuat dengan plastik. Sedangkan untuk menghilangkan bakterinya, USDA menyarankan untuk menghilangkan bakterinya dengan teknik memasak yang tepat (dengan temperatur 73,9 derajat Celcius)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar