Kamis, 29 Agustus 2013

Carica - Tentang Buah Carica Di Wonosobo

Carica wonosobo atau yang biasa di sebut buah carica, pepaya gunung dalam bahasa latin vasconcellea cundinamarcensis (wikipedia) adalah keluarga dari pepaya yang biasa hidup di Dataran Tinggi Dieng dengan keadaan tanah yang basah dan dalam ketinggian antara 1.500 - 3000 m di atas permukaan air laut, menurut wikipedia tanaman ini berasal dari dataran tinggi Andes, Amerika Selatan.

carica

Carica Atau Buah Carica Dengan Ciri-Cirinya

Ciri-ciri dari buah ini adalah berbentuk seperti pepaya dengan ukuran sekitar 6 - 15 dan diameter kurang lebih 3-8 cm. sedangkan dari pohon caricanya sendiri mempunyai tinggi rata-rata sekitar 1-2 meter, daging dari buah ini berwarna kuning - jingga, rasanya apabila sebelum diolah adalah asam dan baunya harum, sedangkan di sekeliling rongganya terdapat banyak biji yang terbungkus oleh sarkotesta yang berwarna putih dan berair, kulit dari buah ini berwarna hijau gelap saat masih mentah, sedangkan setelah matang buah ini akan berwarna kuning, buah carica ini mengandung getah, getah ini akan semakin berkurang saat menuju proses kematangan.Getah ini mengandung papain yang bersifat proteolitik.

pohon carica

Kandungan dan khasiat dari buah carica

Carica ini mengandung kalsium, gula, vitamin A dan C. Buah ini juga mengandung banyak minyak atsiri yang merupakan keturunan dari asam lemak, kebanyakan merupakan senawa 3-hidroksiester, yang juga ditemukan di beberapa tanaman lainnya seperti nanas dan mangga.

Carica banyak mengandung enzim Papain, yaitu enzim yang berfungsi mempercepat proses pencernaan Protein. Enzim papain dalam buah pepaya mampu mencerna zat sebanyak 35 kali lebih besar dari ukurannya sendiri, itulah kenapa meski kandungan Protein dalam buah Carica tidak terlalu tinggi (4-6 gr) namun hampir selurunya dapat diserap oleh tubuh dan sangat berpengaruh pada produksi hormon pertumbuhan manusia. Bahkan penelitian baru-baru ini menunjukan kandungan Arginin pada buah carica dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker Payudara.

Kandungan Papain dalam buah Carica juga memiliki sifat antiseptik dan membantu mencegah perkembangbiakan bakteri yang merugikan di dalam usus. Membantu menormalkan pH usus sehingga keadaan flora usus pun menjadi normal.

Kandungan Vitamin C dalam buah Carica lebih tinggi dari kandungan Vitamin C pada jeruk. Carica juga memilik kandungan Vitamin A yang lebih tinggi daripada Wortel. Selain itu Carica juga kaya dengan vitamin B kompleks dan Vitamin Eyang tentunya baik untuk kesehatan.

Hasil olah dari buah carica

Hasil olah dari buah ini berbagai macam, mulai dari yang terkenal yaitu manisan carica, manisan carica ini atau biasa di sebut carica in syrup ini di olah dengan menambahkan larutan gula. Selain itu buah ini juga bisa dijadikan selai, jus dan juga ada yang mulai mengembangkan olahan carica lain seperti keripik carica.

Sumber : Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar